Friday, October 9, 2009

Pengertian Herba, Herbalogi dan Fitoterapi

Herbalogi berasal dari dua kata yaitu ‘herba’ bererti tumbuhan dan ‘logi’ atau ‘logos’ yang bererti ilmu. Dengan demikian herbalogi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan tumbuh-tumbuhan. Dalam dunia pengubatan herbalogi difahami sebagai sebuah konsep atau metod pengubatan menggunakan bahan-bahan yang berasal dari tumbuhan.

Istilah herba sendiri biasanya dikaitkan dengan tumbuh-tumbuhan yang tidak berkayu atau tanaman yang bersifat perdu. Dalam dunia pengubatan, istilah herba memiliki makna yang lebih luas, yaitu segala jenis tumbuhan beserta bahagian-bahagiannya yang mengandung satu atau lebih bahan aktif yang dapat digunakan sebagai obat (therapeutic). Misalnya mengkudu hutan (Morinda Citrifolia) yang mengandung morindin sebagai bahan anti kanker; Pegagan (Cantela Asiatica) yang mengandung asiaticoside yang berguna untuk masalah kulit dan meningkatkan kecerdasan atau IQ.

Herbalogi sering disamakan dengan istilah fitoterapi. Kata fitoterapi ini berasal dari dua kata iaitu ‘fito’ yang berarti tumbuhan dan ‘terapi’ atau ‘therapy’ berarti pengubatan. Jadi fitoterapi berarti pengubatan dengan menggunakan bahan-bahan yang berasalah dari tumbuhan.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...